RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SDN SINGGAHAN 01
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kelas
|
:
|
V (Lima)
|
Semester
|
:
|
1 (Satu)
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1x 35 menit
|
I.
Standart
Kompetensi
1. Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
II.
Kompetensi
Dasar
1.4 Mengidentifikasi
organ peredaran darah manusia.
III.
Indikator
1.3.4 Menyebutkan
bagian-bagian proses peredaran darah pada manusia
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
mampu menyebutkan bagian-bagian proses peredaran darah pada manusia melalui
penugasan dengan baik
V.
Materi
Pembelajaran
1.
Proses peredaran darah pada manusia
VI.
Metode
Pembelajaran
Model: Student Teams-Achievement
Division (STAD)
(Tim peserta didik kelompok prestasi)
Metode: Diskusi, Tanya Jawab, dan
Penugasan
VII.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
·
Membuka Salam
·
Berdoa
·
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
·
Guru mengisi presensi siswa
·
Mempersiapkan materi yang akan diajarkan dan
menyampaikan pokok tujuan pembelajaran
·
Guru memberikan apersepsi kepada siswa
·
Guru memotivasi siswa tentang bagaimana
cara peredaran darah manusia
·
Guru menyampaikan kompetensi materi
Materi pembelajaran hari adalah “Mengidentifikasi
organ peredaran darah manusia.”.
|
5
Menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
·
Guru menampilkan gambar animasi proses peredaran
darah manusia melalui LCD
·
Siswa memperhatikan bagian-bagian jantung
·
Guru menyuruh siswa untuk menjelaskan proses
peredaran darah yang berada di LCD
Elaborasi
·
Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok
·
Setiap kelompok diberikan bendera kelompok warna.
·
Guru memberi intruksi kepada siswa dalam
pelaksanaan diskusi
·
Guru memberikan waktu untuk berdiskusi
·
Guru memanggil nama kelompok secara acak untuk menyampaikan
hasil diskusinya
·
Kelompok lain saling menanggapi jawaban.
·
Setiap kelompok yang ingin menanggapi jawaban
mengangkat bendera
·
Jika yang paling banyak menyanggah atau menjawab
memberi komentar akan mendapatkan Point dari guru
Konfirmasi
·
Siswa diberi umpan balik pada hasil diskusi
kelompok dan diberikan pemantapan
·
Guru memberi
penjelasan jika terdapat kesalah pahaman serta memberikan penguatan atas
jawaban siswa
|
25
Menit
|
Kegiatan
Pentup
|
·
Guru memberikan Lembar Evaluasi kepada setiap
siswa
·
Guru bersama siswa mencocokkan tugas individu
·
Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari
·
Melakukan
penilaian hasil belajar
·
Mengajak semua
siswa berdoa menururt agama dan keyakinan masing-masing
|
5
Menit
|
VIII.
Alat
dan Sumber Belajar
A. Alat Belajar
Laptop,
Kertas karton berisi nama Kelompok,
B. Sumber Belajar
1.Buku
Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas V
2.Buku
LKS CITRA
IX.
Penilaian
1. Penilaian
Afektif
Pada
penilaian afektif dilakukan dengan menggunakan rubrik pengamatan dengan secara
langsung terhadap siswa. Pengisian rubrik dengan menggunakan chek-list dengan
nilai skala 4. Untuk rubrik dan kolom penilaian terlampir.
2. Penilaian
Kognitif
Pada
penilaian kognitif dilakukan dengan cara memberikan tes kepada siswa berupa
pertanyaan isian, untuk mengukur sejauh mana pengetahuan siswa dalam memahami
materi yang diajarkan. Untuk lembar soal dan kunci jawaban terlampir.
3. Penilaian
Psikomotor
Pada
penilaian psikomor dilakukan untuk mengetahui sejauh mana keterampilan yang
dimiliki siswa untuk berbicara, keaktifan, dan menceritakan cerita. Rubrik
penilaian dilakukan dengan nilai skala 4 dan menggunakan metode check-list.
Untuk rubrik dan kolom penilaian terlampir.
a. Penilaian
afektif
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
|||||||||||
Teliti
|
Disiplin
|
TanggungJawab
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Aldika
Dwi. A.P
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Moch
Nur hidayat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Abdul
Rahman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Afif
fitriani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Eli
Nawah Yuar.D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Fais
Nur . F
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Firman
Thoriqul.H
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Galang
Nova.S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Haneda
Linda.P
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Heppynta P.D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Ihsanul
Mustofa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Kholifatul
Khasanah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Lysta
Amelia Putri E
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
M.Ma’ruf
Prayitno
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
Nia
Niken Andriani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
Pramadita
Arista R
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
Raka
Lintau Antero
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
Rifqy
Nur Aziz
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan
: berilah tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan nilai karakter yang
muncul.
Keterangan
:
BT : Belum Terlihat (1)
Apabila
peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan
dalam indikator karena belum memahami makna dari nilai itu.
MT : Mulai Terlihat (2)
Apabila peserta didik sudah mulai
memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikatir
tetapi belum konsisten karena sudah ada pemhaman dan mendapat penguatan
lingkungan terdekat.
MB : Mulai Membudaya (3)
Apabila peserta didik sudah memperlihatkan
berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten,
karena selain sudah ada pemahaman dan kesadaran juga mendapat penguatan
lingkungan terdekat dan lingkungan yang lebih luas.
SM : Sudah Membudaya (4)
Apabila peserta didik terus menerus
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten karena
selain sudah ada pemahaman
dan kesadaran dan mendapat penguatan lingkungan terdekat dan lingkungan yang
lebih luas sudah tumbuh kematangan moral.
b. Penilaian kognitif
Tes
tertulis
1.
Sebutkan bagian – bagian
Jantung yang terdiri dari empat ruang yaitu !

b.
c.
d.
2. Jelaskan Fungsi jantung !
3. Jelaskan proses peredaran darah kecil !
bilik kiri >> …………………… >> paru-paru >> vena
pulmonalis >>……………………
4. Jelaskan proses peredaran darah besar … .
…………………… >> arteri besar (Aorta)
>> ……………… >>
seluruh tubuh >> ………………… >> serambi kanan.
5. Sebutkan 2 jenis Pembulu darah ada 2 yaitu !

c. Penilaian Psikomotor
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
|||||||||||
Keaktifan
|
Kerjasama dalam kelompok
|
Berbicara / Diskusi
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Aldika
Dwi. A.P
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Moch
Nur hidayat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Abdul
Rahman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Afif
fitriani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Eli
Nawah Yuar.D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Fais
Nur . F
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Firman
Thoriqul.H
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Galang
Nova.S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Haneda
Linda.P
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Heppynta P.D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Ihsanul
Mustofa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Kholifatul
Khasanah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Lysta
Amelia Putri E
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
M.Ma’ruf
Prayitno
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
Nia
Niken Andriani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
Pramadita
Arista R
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
Raka
Lintau Antero
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
Rifqy
Nur Aziz
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|

Mengetahui
Guru Pamong
AMIR MAHFUTH, S.Pd.I
NIP.
|
Madiun,
30 September 2015
Guru
Kelas V
Erna
Rahayu S
NPM.
12 141 297
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar