RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SDN
Singgahan 01 Kec. Kebonsari
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : 1 / II
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
2. Menggunakan pengukuran
waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
2.1
Menggunakan
alat ukur waktu dengan satuan jam
C.
Indikator
1.1.1
Mengamati
cara menentukan waktu yang ditunjukan oleh alat ukur jam
1.1.2
Membaca
waktu yang ditunjukan oleh alat ukur jam
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui pengamatan siswa
mampu mengamati cara menentukan waktu yang ditunjukan oleh alat ukur jam melalui penjelasan dari guru
2. Setelah mengamati gambar siswa
mampu Membaca waktu yang
ditunjukan oleh alat ukur jam
E.
Karakter siswa yang di harapkan
:Displin(Discipline)
Tekun(Diligence)
Tanggung jawab( Responsibilility)
Ketelitian (Carefulness)
Kerjasama( Cooperation)
Toleransi( Tolerance)
Percaya diri( Confidence)
Keberanian( Bravery)
F.
Materi
Pokok
-
Mengukur waktu dengan
alat ukur Jam
G.
Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Penugasan
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
·
Siswa baris di depan kelas
·
Guru mengucapkan salam ketika masuk ke dalam ruang kelas
·
Guru mempersilahkan siswa-siswinya untuk berdoa
·
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
Appersepsi dan Motivasi
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa :
·
Siapa yang dirumah mempunyai Jam dinding?
·
Lihatlah jam dindingmu? Kearah manakah berputarnya jarum jam?
·
Agar kita tepat waktu dalam melaksanakan suatu kegiatan kita harus tau
bagaimana melihat jam. Karna ketepatan waktu dalam suatu kegiatan itu
penting.
·
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Bangun Tidur”
|
5 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
·
Guru menunjukkan Media berupa jam dinding
·
Guru menjelaskan tentang penggunaan jam
·
Siswa bersama guru mempraktekkan alat ukur berupa jam didepan
kelas
Elaborasi
·
Guru memberikan miniature jam kepada kelompok. setiap 1 kelompok
terdiri dari 3 siswa
·
Guru menyuruh mengamati alat ukur jam tersebut
·
Guru memberikan lembar evaluasi kepada siswa
·
Guru bersama siswa membahas tugas evaluasi
Konfirmasi
·
Siswa diberi umpan balik dan diberikan pemantapan
·
Guru melakukan tanya jawab dengan siswa untuk memecahkan masalah
yang belum terselesaikan
|
25 menit
|
Kegiatan Penutup
|
·
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menyampaikan
pendapat
·
Guru mereview kembali materi yang telah dipelajari
·
Sebelum mengakhiri pelajaran, guru mempersilahkan siswa untuk
berdo’a (mengucapkan hamdallah bersama-sama)
·
Guru mengucapkan salam ketika akan meninggalkan ruang kelas
|
5
menit
|
I.
Sumber
Belajar
1. Buku siswa
2. Lembar Kegiatan Siswa
3. Miniature
Jam dinding
J.
Penilaian
Hasil Belajar
Teknik :
Tes tulis
Bentuk tes : Pilihan ganda
Instrument : Lembar Evaluasi (penilaian kognitif)
Lembar
Penilaian Afektif (perilaku berkarakter)
Lembar penilaian Psikomotor (ketrampilan sosial)
a.
Penilaian
Kognitif
Tes
tertulis
Contoh
Instrumen terlampir

b.
Penilaian
Afektif
NO
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
|||||||||||
Teliti
|
Disiplin
|
TanggungJawab
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Anjani Zindy Pratiwi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Alfaro Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Fitri Nur Hidayati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Latifatul Q.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Rafie Barru R.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Rayfian Rizki A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Regia Putri M.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Rifki Firmansyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Risky M. S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Riski Nur Aziz
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Yongta Febrianti A. A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|

c.
Penilaian
Psikomotor
NO
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
|||||||||||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Berbicara
/ Diskusi
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Anjani Zindy Pratiwi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Alfaro Dwi Cahyo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Fitri Nur Hidayati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Latifatul Q.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Rafie Barru R.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Rayfian Rizki A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Regia Putri M.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Rifki Firmansyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Risky M. S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Riski Nur Aziz
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Yongta Febrianti A. A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|

Singgahan
15 Oktober 2015
Guru
kelas II Mahasiswa PPL
SUMARMI A. Ma, Pd Erna
Rahayu Septyaningsih
NIP : 19570807 197803 2 016
NPM : 12.141.297
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SDN Singgahan 01
MUCHSIN,S.Pd,SD
NIP:19640115
198910 1 002
Materi Ajar


lihatlah jam dinding di rumahmu
ke arah manakah berputarnya jarum jam
1 membaca
dan menentukan tanda waktu
![]() |
|||||||||
|
|||||||||
![]() |
|||||||||
|
|||||||||
![]() |
|||||||||



![]() |
nama :
.............................................
kelas : .............................................
no.
absen :
.............................................
Lengkapilah
soal cerita di bawah in berdasarkan gambar!
1.
Ayu
bangun tidur pukul 05.00


2.
Anjani
makan pagi pukul 06.00



3.
Firman
Pulang Sekolah pukul 11.00


4.
Mamat
mandi sore pukul 04.00

5.
Alfaro
Belajar pukul 07.00


6.

Jarum
pendek menuju angka 7 dan jarum panjang menuju angka 12 dibaca


![]() |
|||
![]() |

7.
Jarum
pendek menuju angka 4 dan jarum panjang menuju angka 12 dibaca


8.
Jarum
pendek menuju angka 9 dan jarum panjang menuju angka 12 dibaca

![]() |
|||
![]() |
9.

Jarum
pendek menuju angka 1 dan jarum panjang menuju angka 12 dibaca


10.

Jarum
pendek menuju angka 11 dan jarum panjang menuju angka 12 dibaca




Tidak ada komentar:
Posting Komentar